Monday, June 20, 2022

Dalam Digital Marketing ada istilah baru yaitu Meteverse dan NFT, Apakah Itu Semua?

Dalam Digital Marketing ada istilah baru yaitu Meteverse dan NFT, Apakah Itu Semua?

Dalam Digital Marketing ada istilah baru yaitu Meteverse dan NFT, Apakah Itu Semua?

Baru – baru ini sering mendengar kabar Metaverse apalagi setelah Facebook merubah perusahaannya menjadi META, Sebelumnya sempat viral dengan seorang Ghozali yang bisa menghasilakn miliaran rupiah karena NFT.

Saat ini di Zaman serba teknologi dan internet, tidak mungkin akan bisa lepas dari perkembangan teknologi tersebut.

Beberapa bulan terakhir ini banyak yang penasaran dan bertanya, apa itu NFT, Metaverse dan Web3? Dan bagaimana pengaruhnya terhadap digital marketing?

Mungkin akan sulit buat digambarkan, namun sangat wajar jika teknologi internet terus berevolusi, sehingga melampaui basis platform yang ada saat ini dan kita menghadapi teknologi baru.

Banyak hal yang masih belum jelas, dikarenakan belum ada peta jalan untuk pandangan dan perspektif marketing untuk sementara waktu.

Namun, dalam memprediksikan dampak dari NFT, Web3 dan Metaverse terhadam Digital Marketing maka akan berfungsi secara mendasar untuk perkembangan teknologi digital lebih lanjut.

Apa itu NFT?

NFT adalah  Non-Fungible Token yang berarti adalah token digital yang benar benar unik dan tidak dapat diganti.

NFT adalah bagian dari blockchain ethereum, yang berarti mereka adalah jenis cryptocurrency.

Token ini dapat menyimpan informasi tambahan dan menjadi hidup sebagai konten digital dalam bentuk gambar, musik, video, dan grafik.

Musisi Kanada Grimes menjual video NFT 50 detik seharga lebih dari $390,000,. Hal ini menunjukkan bagaimana konten digital dapat dihargai dengan cara yang mirip dengan seni rupa.

NFT bisa merubah permainan untuk para konten creator, yang saat ini sedang memiliki nilai rendah karena terlalu berkembangnya dunia digital.

Dalam praktek digital tidak sedikit kepemilikkan konten dan praktik dalam media berbayar dalam sebuah platform bukan hasil karya sendiri.

Namun dengan adanya NFT akan memberikan perlindungan buat para konten Kreator, untuk memiliki hak cipta dan bisa menghasilkan di platform dunia digital.

NFT akan melihat konten yang memiliki Merk, apakah konten tersebut benar – benar berharga dan bisa dijangkau dan dapat diskalakan dalam format NFT.

Apa itu metaverse?

Metaverse, sederhananya, adalah masa depan interaksi digital, menggabungkan dunia virtual dan fisik.

Banyak orang, termasuk saya sendiri, memikirkan video game ketika mereka mendengar kata “metaverse.”

Namun, metaverse sudah berdampak pada industri seperti perawatan kesehatan, memberikan peluang pelatihan langsung virtual bagi para profesional medis.

Idealnya, metaverse akan didukung oleh Web3, tetapi metaverse seperti yang kita kenal sekarang dimiliki oleh platform besar seperti Meta, Google dan perusahaan game besar.

Apa artinya ini bagi pemasar digital adalah bahwa inilah saatnya untuk membawa pemasaran berdasarkan pengalaman ke tingkat berikutnya.

Karena konsumen terus mengadopsi dunia pengalaman virtual dan fisik, pertimbangkan untuk menguji cara-cara kecil untuk memberikan pengalaman itu melalui platform tempat Anda hadir saat ini.

Konser virtual, acara penjualan langsung, dan uji coba produk virtual adalah semua cara untuk mencelupkan jari kaki Anda ke dunia realitas virtual dan memahami reaksi konsumen.

Jika Anda sudah mulai melakukan acara tatap muka lagi, pertimbangkan cara untuk menyertakan bahkan hanya komponen virtual sederhana, seperti memilih produk baru secara digital.

Meskipun kita tidak tahu pasti apa yang akan terjadi di masa depan, seberapa menarikkah kita dapat berpartisipasi dalam evolusi kreativitas, komunikasi, dan teknologi berikutnya? Adalah baik untuk menjadi sedikit skeptis, tetapi jangan lupa bahwa pikiran yang terbuka adalah satu-satunya cara bagi hal-hal baru untuk masuk.

No comments:

Post a Comment